Breaking

Ini Dia 3 Penyebab Mengapa Setir Mobil Menjadi Tidak Stabil


Bisa dibayangkan, apa jadinya jika mobil yang anda tumpangi itu tidak ada setirnya. Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa fungsi setir itu sendiri untuk mengarahkan mobil ke segala arah. Dengan demikian, tak heran jika setir merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam performa mobil. Seperti dilansir dari berita otomotif terbaru, kondisi setir yang bermasalah bisa berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Namun yang jadi pertanyaannya, apa penyebab setir menjadi bermasalah? Nah, untuk mengetahui tentang pertanyaan tersebut, mari sama-sama kita simak ulasan di bawah ini mengenai 3 penyebab setir mobil menjadi tidak stabil:

1. Bagian Kaki-kaki Mengalami Masalah

Penyebab pertama dari tidak stabilnya setir mobil, dikarenakan bagian kaki-kakinya mengalami masalah. Salah satu bagian kaki-kaki yang berimbas pada kestabilan setir, yakni terletak pada long tierod. Apabila kondisi long tierodnya bermasalah, maka secara otomatis setir akan miring kesalah satu arah tertentu. Kerusakan pada long tierod bisa jadi karena sudah lama tidak di ganti, atau karena cara mengemudikan mobilnya yang kasar. Sebagai solusinya, anda harus mengganti long tierod dengan yang baru. Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk menggunakan sparepart yang asli dan bukan yang KW.

2. Sudut Toe Out Yang Terlalu Melebar

Penyebab kedua dari tidak stabilnya setir mobil, dikarenakan sudut toe out yang terlalu melebar. Semakin melebarnya sudut toe out, maka setir mobil pun semakin tak terkendali. Pasalnya, kondisi tersebut sering membuat setir miring ke arah kanan dan kiri secara tak beraturan. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin bahwa kondisi ini bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda harus melakukan spooring di bengkel agar keseimbangan setir dan kaki-kakinya kembali seimbang.

3. Bagian Ball Joint Yang Bermasalah

Penyebab ketiga dari tidak stabilnya setir mobil, dikarenakan ball joint yang bermasalah. Ball joint juga merupakan salah satu bagian dari kaki-kaki, yang berhubungan langsung dengan kondisi setir. Ya, sama halnya dengan long tierod, kondisi ball jonint yang bermasalah dapat membuat setir menjadi miring ke salah satu arah tertentu. Untuk mengatasinya, tidak ada kata lain lagi selain mengganti ball joint yang lama dengan yang baru dan original.

Itulah 3 penyebab dari tidak stabilnya setir mobil. Akhir kata cukup sekian, dan semoga ulasan diatas bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.