Breaking

Cara Memilih dan Merawat Botol Susu Bayi


Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Upaya-upaya terbaik pun di lakukan bahkan sejak bayi masih berada dalam kandungan. Begitu pula ketika si kecil sudah lahir ke dunia, dimana orang tua juga akan semakin intens menjaga dan merawat anak dengan baik. Menjaga dan merawat anak ini tidak hanya sebatas pada pemberian ASI ekslusif, melainkan memilihkan botol susu Pigeon juga menjadi keharusan.

Mungkin sebelumnya Anda berpikir bahwa semua perlengkapan kebutuhan bayi telah dibuat dengan formula khusus sehingga tidak membahayakan si kecil. Namun pada prakteknya banyak oknum yang entah dengan sengaja atau tidak masih menggunakan BPA sebagai bahan campuran pembuatan botol susu untuk bayi. Padahal BPA ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu, bagi Anda yang tengah berencana membelikan botol susu untuk si kecil haruslah benar-benar cermat agar tidak salah memilih dan membeli botol susu. Simak ulasan di bawah ini supaya Anda tahu kriteria botol susu yang bagus beserta cara merawatnya.

Pilih Botol Susu Bayi yang Bebas BPA (BPA-Free)

Sudah disinggung di atas bahwa botol susu yang mengandung BPA ini tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu pastikan Anda membaca keterangan yang tertera pada botol susu bayi. 

Apabila kesulitan, mungkin Anda bisa memilih botol susu yang terbuat dari kaca. Meski begitu tetaplah hati-hati saat menggunakan botol susu dari kaca tersebut karena mudah retak atau pecah saat sterilisasi. 

Alternatif lainnya, bertanyalah pada keluarga atau kerabat maupun dokter anak perihal botol susu di pasaran yang terbukti bagus dan tidak membayahakan. Botol susu Piegon misalnya.

Pilih Botol Susu Berlogo Nomor 2

Selain memastikan jika botol susu yang akan dibeli bebas BPA, selanjutnya Anda juga harus memeriksa logo yang tersemat pada botol susu bayi. Ada beberapa penomoran logo yang penting diketahui. 

Nomor 2 adalah botol atau wadah yang aman digunakan karena terbuat dari high-density polyethylene (HDPE). Selain itu ada pula nomor 4 yang merupakan wadah atau botol berbahan low-density polythylene (LDPE) dan nomor 5 berbahan polypropylene (PP). Ketiganya sama-sama aman digunakan. Dan biasanya Botol susu Piegon memiliki logo nomor 2.

Cara Merawat Botol Susu Bayi

Usai mengetahui kriteria memilih botol susu bayi, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat botol susu bayi tersebut. Berikut beberapa poin yang penting untuk diperhatikan.
  1. Gunakan baskom berisi air panas atau taruh botol susu bayi di bawah air panas yang dituang secara mengalir saat ingin menghangatkan botol bayi. Hindari menghangatkan botol susu dengan menggunakan microwave karena berpotensi pelepasan zat kimia yang ada pada botol.
  2. Jika botol susu sudah mulai rusak atau memiliki goresan atau warnanya berubah, sebaiknya Anda segera membuangnya dan membeli yang baru. Boto susu dengan indikasi tersebut dapat mengakibatkan pelepasan zat kimia.
  3. Selektiflah dalam memilih sabun untuk mencuci botol susu bayi. Gunakan sabun yang lembut dan aman.

Demikianlah beberapa poin penting yang harus diketahui seputar kriteria dalam memilih botol susu bayi hingga cara merawatnya. Selain memastikan bahwa botol susu yang digunakan anak terjamin kualitas dan keamanannya, Anda juga perlu memberi biskuit bayi gerber graduates pada si kecil. Dengan begitu anak bisa memulai prosesnya untuk belajar memegang makanan dan makan dengan tangannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.