Breaking

4 Oleh-Oleh Khas Indonesia yang Dikenal di Mata Dunia

Saat bepergian ke suatu tempat, umumnya seseorang akan membeli oleh-oleh khas untuk dibawa pulang. Jika tidak untuk diri sendiri, oleh-oleh ini akan dibagikan ke keluarga, kerabat maupun sahabat. Sama halnya ketika wisatawan mancanegara yang bertandang ke Indonesia dimana mereka juga akan membeli oleh-oleh khas Indonesia untuk dibawa ke negara asalnya.

Memang, akan terasa kurang jika Anda pergi ke suatu tempat namun tidak menyempatkan untuk membeli cinderamata. Apalagi ini skalanya mancanegara, yang tentunya akan sayang sekali apabila tidak membeli oleh-oleh dari Negara yang memiliki lambang burung Garuda ini. Belum lagi sudah banyak oleh-oleh khas Indonesia yang mendunia, jadi pastikan Anda juga menjadi salah satu peminat oleh-oleh dari Indonesia ya.

Inilah 4 oleh-oleh khas Indonesia yang telah dikenal di mata dunia.

Wayang

Siapa kira wayang yang merupakan warisan budaya ini juga sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Menariknya lagi, wayang juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai pertunjukan bayangan yang paling populer. Yakin tidak mau membeli wayang untuk dipajang di rumah? 

Dodol

Makanan khas dari daerah Garut ini memiliki rasa manis dan legit. Rasanya yang bersahabat dengan semua lidah menjadikan dodol sebagai camilan favorit dari berbagai kalangan. Termasuk wisatawan asing. Alhasil tidak sedikit wisatawan mancanegara yang memborong dodol untuk dibawa ke negara asalnya.

Tempe

Tempe yang berbahan dasar kedelai ini adalah bahan makanan asli negara Indonesia. Apabila dulu tempe hanya diolah dengan digoreng atau dijadikan bahan tambahan untuk sayur lodeh, kini tempe sudah diolah dengan berbagai varian. Ada kering tempe, keripik tempe, hingga kue kering. 

Kepraktisan dan rasanya yang unik serta lezat inilah yang membuat banyak wisatawan asing turut menjadikan tempe sebagai salah satu daftar oleh-oleh khas Indonesia yang wajib dibeli.

Batik

Batik merupakan warisan tradisi yang dikenal sangat kental dengan nilai sakralnya. Di Indonesia sendiri, batik sering digunakan saat acara-acara adat. Bahkan warganya pun diwajibkan untuk mengenakan batik pada saat melakukan upacara adat. Seperti ketika ada pernikahan, turun bayi, serta prosesi adat lainnya.

Kini batik semakin bervariasi karena tidak hanya hadir dalam bentuk lembaran kain (baca: jarik). Lebih dari itu batik juga telah hadir dalam bentuk kemeja, kombinasi kaos maupun dress. Jika dulu batik lekat dengan acara-acara formal, saat ini batik justru lebih fleksibel karena bisa dikenakan untuk acara non-formal. Inilah mengapa batik juga menjadi oleh-oleh khas Indonesia yang wajib diborong oleh pelancong asing.

Demikianlah 4 oleh-oleh khas Indonesia yang telah dikenal di mata dunia. Menjadi kebanggaan tersendiri apabila hasil karya dan jerih payah anak bangsa mampu bersaing dan dikenal oleh negara lain. Nah, jika Anda memiliki teman atau kerabat yang tengah berlibur ke Indonesia, jangan lupa ingatkan mereka untuk membeli oleh-oleh khas Indonesia tersebut ya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.